Selasa, 19 Juli 2016

Sosok Inspiratif : Taruna Samawa dengan Prestasi Gemilang

Standard
Usianya masih 22 tahun, namun Ardiansyah yang kerap kali disapa emen ini telah meraih segudang prestasi. Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram asal dusun Empang, Labuhan Sumbawa ini berhasil menjadi delegasi terbaik dalam ASEAN Youtex Malaysia-Singapura januari 2016 yang diselenggarakan oleh Indonesian Youth Leaders Allieance. Kemudian pada bulan maret 2016, emen kembali lagi mengikuti kegiatan Asean Youth Excursion di Bangkok, Thailand. Namun kali ini emen bukan lagi menjadi peserta kegiatan melainkan menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut. Tidak hanya di negara Thailand, emen pun dipercayakan menjadi fasilitator dibeberapa negara ASEAN lainnya.

Bagi emen,menjadi seorang fasilitator sebenarnya sebuah tantangan apalagi dinegeri orang. Tugas utama sebagai fasilitator adalah bagaimana kita membantu peserta Asean Youtex dalam hal Market Research. Sehingga tantangan terbesarnya adalah harus memahami keadaan Bangkok, Thailand, ungkapnya.
  
Remaja kelahiran kupang 2 april 1994 ini, meniti karir dari organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas hingga tingkat nasional. setiap organisasi yang emen geluti, ia selalu berprinsip ALL OUT, tetap melakukan yang terbaik. Jiwa leadership yang telah tertanam di dalam diri emen bahkan di implementasikan dalam kehidupan sosial sehari-hari, baik dalam lingkungan formal maupun informal. Itu terbukti dengan dilakukannya kegiatan bakti sosial untuk panti asuhan dan desa-desa kecil di pulau lombok serta pemberian motivasi belajar pada siswa SMA didaerah terpencil pulau lombok. 

Ditanya mengenai kegiatan emen untuk Sumbawa, ia mengungkapkan bahwa untuk sumbawa kita masih garap karena saya jarang pulang kesumbawa, namun ada beberapa hal yang saya lakukan yaitu mempromosikan kebudayaan ataupun pariwisata Sumbawa ketingkat nasional maupun internasional.

Dalam perjalanan karir, begitu banyak proses yang emen hadapi, namun dalam proses-proses tersebut ia jalani dengan penuh kesabaran dan sungguh-sungguh. Setiap proses itulah yang akhirnya meningkatkan rasa percaya orang lain kepadanya. Karena Setiap proses kecil itulah pada akhirnya emen mampu mendapatkan kesempatan untuk meraih prestasi. 


Menurut emen, semua kesuksesan yang dia peroleh tidak lepas dari doa dan dorongan kedua orang tua serta keluarga besarnya. Yang walaupun dilihat dari keadaan ekonomi keluarganya yang serba berkecukupan, kedua orang tua emen mengaku tidak mungkin mampu membiayai seluruh biaya perjalanannya selama ini. Namun hal tersebut tidak menyurutkan tekad emen dalam menggapai prestasinya. Disinggung mengenai biaya saat ia menjadi peserta kegiatan Asean Youth Excursion emen hanya memperoleh bantuan biaya dari pihak kampus, namun ketika ia menjadi fasilitator, sebagian besar biaya ditanggung pihak Indonesia Youth Leader Alliance selaku pelaksana dan beberapa bantuan dari dosen.  

Riwayat pendidikan :
· SDN 1 Sumbawa Besar.
· SMPN 2 Sumbawa Besar.
· SMAN 1 Sumbawa Besar

Prestasi  :
· Mendapat gelar “Indonesia Best Leader” dalam ajang “President Youth Leadership Camp 2013.
· 15 Essay terbaik “Layak Prestasi” dalam ajang Andalas Essay Competition 2014 di padang.
· The Best Group Project Presentation dalam kegiatan Indonesia Youth Culture Exchange 2015.
· Juara III lomba karya tulis ilmiah “Temu Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi Se-Bali Nusra 2015”.
· Delegasi terpilih ASEAN Youtex Malaysia-Singapura januari 2016
· Delegasi terbaik ASEAN Youtex Malaysia-Singapura januari 2016
· Fasilitator ASEAN Youtex Excursion Bangkok, Thailand 22-27 maret 2016
· Fasilitator ASEAN Youtex Excursion Kuala Lumpur, Malaysia 2-6 mei 2016.
· Fasilitator ASEAN Youtex Excursion Singapore 9-13 mei 2016.

Pengalaman organisasi:
· Kreanovator Indonesia sebagai kordinator wilayah.
· Indonesia Youth Leader Alliance sebagai kordinator wilayah.

Berikut pesan singkat yang saya kutip dari wawancara bersama emen melalui aplikasi chating BBM yang ditujukan kepada seluruh anak muda indonesia :

“ Marilah menjadi generasi yang memiliki VISI, siap untuk BERAKSI dan mau BERKOLABORASI”. 


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts