Senin, 11 Juli 2016

Pesona Pantai Labangka

Standard
Pesona Pantai Tanjung Panas
Labangka tidak hanya dikenal sebagai sentra jagung di kabupaten Sumbawa, namun juga menyimpan potensi wisata bahari dan merupakan surganya pantai-pantai indah yang ada di kabupaten Sumbawa. Pantai-pantai dilabangka memiliki struktur pasir putih dengan ukuran buih pasir sebesar butiran merica, pesona bawah lautnya adalah terdapat padang lamun yang begitu luas dengan berbagai jenis biota laut. Apabila air laut surut, anda akan menemukan beberapa laguna kecil yang tentunya laguna tersebut bukanlah rekayasa manusia, melainkan proses alam. Keadaan terumbu karang disepanjang kawasan pantai sudah rusak dan tidak terlalu baik untuk kegiatan snorkeling maupun menyelam. Diperkirakan kerusakan terumbu karang tersebut akibat dari bencana tsunami pada tahun 1977 yang pernah melanda daerah labangka. Namun demikian pantai dikawasan labangka tetap memiliki pesona eksotika pemandangan khas laut selatan. 


Jarak dan Waktu Tempuh  
Jarak kecamatan labangka dengan kota Sumbawa adalah 73.7 km dan waktu tempuhnya adalah sekitar 1 jam 35 menit melalui lintas Sumbawa-Plampang. 
Kecamatan labangka kemudian ditempuh melalui kecamatan plampang menuju kearah selatan sejauh 13 km dan waktu tempuh sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Ada sedikit rincian mengenai arah kecamatan labangka, yaitu setelah memasuki pusat kecamatan plampang tepatnya polsek plampang (sebelah kiri dari arah Sumbawa) sekitar beberapa puluh meter terdapat simpangan, nah pilihlah jalur simpang kanan. 


Pantai Leppu 
Berlokasi di desa suka mulya (labangka 3). 
pantai leppu
Untuk menuju ke objek wisata ini, pengunjung disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan khusus off road, karena medannya yang cukup menantang, dimana keadaan jalan batuan lepas akan menyulitkan saat berkendaran dan dibutuhkan keseimbangan. 
pemandangan pantai leppu
Namun semua perjuangan tersebut akan terbayarkan dengan pesona keindahan dari pantai leppu. anda langsung disuguhkan dengan pemandangan pantai yang luas, sepi sunyi, tak terjamah dan dengan hamparan pasir putih sejauh mata memandang. Apalagi ditambah dengan terpaan angin laut, akan langsung menyegarkan anda dan membuat rasa gerah dan lelah saat perjalanan hilang seketika. 

muara kecil di pantai leppu
Yang membuat lebih menarik lagi adalah terdapat tebing batu yang terpisah dari daratan dan menurut saya, mirip seperti objek wisata “tanah lot”. Sebagian tebing dibatasi oleh pasir putih dan terdapat muara kecil, sedangkan sebagian lagi terhubung langsung dengan laut.

Untuk menikmati pantai leppu, anda bisa naik ketebing karena dari atas tebing inilah keindahan dari pantai leppu terlihat jelas, anda bisa menyaksikan ombak-ombak yang cukup tinggi dan terhempas ke tebing serta pasir putih nan panjang dan meliuk-liuk. 
pemandangan alam pantai leppu


Pantai Tanjung Panas
Terletak di desa suka damai (labangka 4). 
Lokasi sangat mudah dijangkau, melalui jalan tani dengan keadaan jalan berbatu dan tanah. 

hempasan ombak dipantai tanjung panas

Pantai tanjung panas berbeda dengan pantai lainnya, biasanya pengunjung bisa langsung memarkirkan kendaraan dekat dengan pasir pantai. Dipantai ini pengunjung seolah-olah langsung berada diatas tebing. Dari atas tebing inilah anda akan langsung menyaksikan pesona pantai tanjung panas, terlihat jelas bentangan pasir putih yang berukuran hampir seluas lapangan sepak bola, memisahkan antara muara sungai dan laut. Proses pemisahan ini terjadi secara alami, akibat dari pasang surutnya air laut yang seakan-akan mendorong pasir dan menutupi aliran air muara. 
pasir putih seluas lapangan sepak bola di pantai tanjung panas
Dinamakan tanjung panas karena di lokasi pantai tidak terdapat pohon sehingga menyulitkan pengunjung untuk beristrahat. Namun anda jangan kawatir, untuk tempat istirahat dipantai terdapat goa yang tidak begitu dalam dan cukup lebar. Biasanya pengujung akan memanfaatkan goa tersebut sebagai tempat istirahat. Goa tersebut terhubung langsung dengan pasir pantai, sehingga pegunjung bisa langsung menikmati pemandangan laut sambil bersantai ria didalam goa. Untuk menuju goa anda akan menuruni tebing yang cukup terjal, tanpa adanya tangga ataupun alat bantu, hanya berpegangan pada batuan sekitar. 

goa tempat istirahat pengunjung

Pesona keindahan lain yang disuguhkan oleh pantai tanjung panas adalah pemandangan luas pasir putih dengan deburan ombak yang cukup tinggi. Anda dapat menyaksikan ombak-ombak besar yang terhempas ke tebing dan juga ombak-ombak yang menggulung dibibir pantai dan terhempas ke pasir. waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai tanjung panas adalah pada waktu sore hari karena anda bisa menikmati sunset dipantai ini. 
sunset di pantai tanjung panas
Hanya saja dipantai ini dilarang keras untuk mandi, dikarenakan keadaaan ombak yang besar dan deras, dan merupakan daerah pertemuan arus laut. Sehingga sangat tidak aman bahkan sangat berbahaya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts