Rabu, 05 Agustus 2015

Kawasan Wisata Teluk Saleh Sumbawa

Standard



Teluk Saleh

Keindahan teluk saleh ini sudah menjadi topik hangat dikalangan wisatawan dan merupakan destinasi utama wisata dipulau Sumbawa, bahkan sudah mulai merambah ke mancanegara. Tidak bisa dipungkiri lagi, pesona keindahan alam, pantai, pasir putih, lautan biru yang luas, aneka ragam biota laut, keindahan pulau pulau kecil yang begitu hijau dan asri telah menghiasi dunia komunikasi seperti internet dan media sosial. Itu membuktikan bahwa begitu banyak wisatawan yang telah menjadikan teluk saleh sebagai tujuan wisata.


Lokasi dan Transportasi

Teluk Saleh Secara Administratif berada di tiga Kabupaten yakni, Kabupaten Sumbawa, Dompu dan Bima. Perairan ini terletak pada posisi 117°-118° BT dan 8,8°- 8,1° LS dengan luas 1495 km serta panjang 282 km yang merupakan Perairan Semi tertutup dan berhubungan langsung dengan Laut Flores NTT. Kawasan ini merupakan Fishing Ground bagi nelayan tradisional yang bermukim di 3 wilayah tersebut, serta berfungsi sebagai lahan Budidaya, yakni rumput Laut, Kerang Mutiara, Kerapu, Tambak dan sebagainya. (Sumber : HU. Sumbawa Expres )  

Untuk menikmati keindahan pulau-pulau di teluk saleh, terdapat beberapa rute alternatif yang bisa dilalui, yaitu; 
- Desa badas, kecamatan Labuhan Badas 
- Labuhan Terata, Kecamatan Lape 
- Labuhan Sangur, Kecamatan Maronge 
- Labuhan Jontal, Kecamatan Plampang 
namun untuk rute yang akan menjadi start point saya adalah rute Labu Jontal, Kecamatan Plampang.

Labuhan Jontal terletak di Kecamatan Plampang dengan jarak dari Sumbawa Besar menuju Labuhan Jontal adalah 80 km dengan waktu tempuh ± 2 jam. Untuk menuju lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan alat transportasi seperti bus, sepeda motor atau menggunakan mobil pribadi dengan melalui rute Sumbawa – Empang. Bagi wisatawan yang hendak menggunakan alat transportasi bus akan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 35.000 / orang, dari terminal Sumer Payung Sumbawa sampai ke Simpangan Labuhan Jontal. sedangkan dari Simpangan menuju ke desa Labuhan Jontal menggunakan Jasa ojek dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 15.000.

Untuk alat transportasi menuju ke pulau-pulau dikawasan teluk saleh, pengunjug bisa memanfaatkan perahu / boat nelayan dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 300.000 sampai dengan Rp.400.000 per Perahu / boat dengan kapasitas penumpang sekitar 10 orang. Sistem penyewaan ini sangat membantu meringankan wisatawan, dikarenakan apabila wisatawan tersebut jumlahnya 10 orang maka biaya yang akan dikeluarkan masing masing adalah Rp. 300.000 : 10 adalah berjumlah Rp. 30.000 / orang, murah bukan.... (harga sewaktu-waktu dapat berubah)

Wisata

Sebelum menjelajah teluk saleh ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, baik itu fisik, mental, makanan, minuman, kamera, kaca selam, jacket, obat-obatan, dll. Dikarenakan lokasi yang akan menjadi tujuan wisata adalah lokasi tanpa penghuni. Kunjungan kali ini akan memanfaatkan waktu 1 hari kunjungan dengan rute 3 lokasi yaitu gili sentigi – gili mariam – pulau panjang. Faktor alam sangat dibutuhkan disini, pengunjung dapat menanyakan kondisi laut apakah memungkinkan untuk melakukan perjalanan kepada nelayan. Keselamatan merupakan faktor yang harus diutamakan.

Ada berbagai tempat lokasi wisata yang bisa menjadi tujuan wisatawan, yaitu; 
Gili Sentigi  
Gili Sentigi
Gili Sentigi
Gili Sentigi merupakan gili tanpa penghuni dengan kondisi yang masih hijau, pantai indah, pasir putih, pesona alam bawah laut yang menawan membuat pengunjung tak bisa menahan diri untuk tidak ber snorkling. kondisi daratan tanpa adanya bukit membangkitkan keinginan wisatawan untuk berkeliling gili sambil berselfie. Pengunjung juga bisa meminta bantuan nelayan untuk mempersiapkan ikan segar agar dijadikan santapan saat kunjungan.

Digili Sentigi juga terdapat pohon yang disebut “Pohon Harapan”, dimana kadang-kadang pengunjung mengikatkan batu, botol bahkan ranting kering ke Pohon Harapan sembari mengucapkan dalam hati apa yang menjadi keinginannya, yang konon setiap apa yang diharapkan akan terkabul. Terlepas dari hal tersebut, hanya usaha dan doa kepada sang Pencipta-lah yang dapat mengabulkan keinginan setiap manusia. Waktu tempuh dari Dermaga Labuhan Jontal menuju gili sentigi adalah sekitar 30 menit.


Gili Mariam  
Jarak tempuh dari gili sentigi menuju ke gili mariam ini adalah sekitar ± 1 jam 10 menit. 
Gili Mariam
Keindahan gili mariam ini tidak kalah dengan gili sentigi, kondisi daratan dengan dihiasi rumput hijau dan terdapat bukit yang hijau pula semakin memanjakan mata pengunjung, apalagi dengan suasana pantai dengan pasir putihnya, termasuk juga dengan keindahan alam bawah lautnya.

Hal yang lebih mempesona lagi adalah adanya pohon yang tumbuh menyendiri dan jauh dari populasinya, berdiri kokoh dibibir pantai laksana penjaga pantai yang setia setiap saat menyambut wisatawan dengan
Gili Mariam
pesona keindahannya. Pohon tersebut terletak dikaki bukit dengan hamparan rumput hijau sehingga membuat pengunjung berdecak kagum akan keindahan gili mariam, karena keadaan inilah sehingga pohon ini dijuluki “Pohon Galau”. hmmmmm….






Pulau Panjang 
Pulau Panjang
Pulau Panjang
Pulau yang satu ini merupakan pulau favorit bagi pengunjung, dan termasuk penulis. Bagimana tidak pesonanya yang begitu luar biasa dengan pemandangan rumput hijau dan rumput ilalang, ditambah dengan terpaan angin seakan-akan memberikan suasana yang menenangkan.

Pemandangan yang mempesona, alam bawah laut yang eksotik, pantai berpasir putih yang menawan memberikan sensasi kesejukan yang berbeda, membuat penulis berdecak kagum, “memang sungguh indah alam ciptaan Tuhan Yang Maha Sempurna”. 
Bukan itu saja, dengan memanfaatkan bukit digili ini sebagai tempat istirahat dan dengan pemandangan laut dari atas bukit, membuat para pengunjung enggan untuk perpaling dan membuat pengunjung betah dan ingin tetap berada di gili panjang ini. 
Adapun jarak antara gili mariam dengan pulau panjang sekitar ± 20 menit.

Penginapan

Di labuhan Jontal belum terdapat penginapan, namun wisatawan akan menemukan penginapan di pusat Kecamatan Plampang. 
Adapun nama dari hotel tersebut adalah Hotel Lina, yang berdekatan dengan Pasar Plampang. Jarak dari desa Labuhan Jontal menuju Ke Plampang adalah sekitar ± 10 km.

Peta Lokasi ; Sumber Google Maps

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts