Rabu, 05 Agustus 2015

Pantai Boro

Standard
Pantai Boro
Pantai boro merupakan destinasi wisata bagi penduduk setempat, lokasi yang begitu dekat dengan pemukiman warga dan akses yang gampang, membuat masyarakat setempat menjadikan pantai boro sebagai lokasi utama tempat rekreasi selain Pantai Liang Dewa

Pesona keindahan dari pantai boro ini adalah hamparan pasir putih yang luas dengan deburan ombak pantai selatan yang seakan-akan memanggil para pengunjung untuk bermain ditepian pantai. Untuk pemandangan bawah lautnya cukup mempesona, karena adanya ekosistem padang lamun yang didalamnya hidup berbagai macam komunitas dari berbagai biota laut. lamun juga berfungsi sebagai tempat menempelnya larva ikan, kepiting, udang dan mikroalga lain. Selain ombak dan pasirnya pantai boro juga menyajikan pemandangan lautan luas, bagaimana tidak pantai boro termasuk pantai selatan dan terhubung langsung dengan Samudra Hindia. Untuk tempat istirahat pengunjung dapat memanfaatkan pohon-pohon di pinggiran pasir pantai, sehingga menambah kesejukan bagi pengunjung saat menikmati keindahan pantai boro.

Pantai Boro
Dibalik keindahan pantai boro pengunjung juga harus tetap waspada saat mandi ataupun berselfie dipantai boro, karena keadaan ombak yang kadang tinggi, deras dan dengan adanya arus laut bisa menyebabkan pengunjung terseret ombak. Waktu yang terbaik untuk mandi adalah saat ombaknya mulai pecah sekitar 500 meter dari bibir pantai. hal tersebut terjadi karena air laut mulai surut dan karang mulai terlihat, karang tersebutlah yang memecahkan ombak. Jika waktunya pas, pengunjung bisa mendapati para nelayan yang sedang menangkap ikan dan pengunjung bisa membeli ikan dengan keadaan masih segar dan bisa diolah dengan cara dibakar, terdapat juga ranting-ranting kayu kering dilokasi. Mendapatkan liburan yang sejuk, nyaman , indah dan dengan sajian menu yang segar yang akan pengunjung rasakan di lokasi wisata pantai boro ini.

Pantai Boro
Untuk lokasi Pantai Boro sendiri terletak di desa Labangka (labangka 1) Kecamatan Labangka, Sumbawa Besar. Jarak pantai boro dengan desa labangka adalah sekitar 1 km dengan jarak tempuh sekitar 20 menit, kondisi jalan berbatu, terdapat tanjakan dan turunan. Disekitar pantai Boro terdapat juga tambak udang dan lokasi dari Kota Terpadu Mandiri ( KTM ) yang masih dalam tahap pembangunan, selain itu juga terdapat dermaga yang bisa dimanfatkan sebagai lokasi memancing. Adapun jarak Kota Sumbawa menuju ke Labangka menempuh jarak 86 km dengan waktu tempuh 2 jam, rute perjalannya adalah Sumbawa – Plampang, Plampang – Labangka. Jarak Sumbawa menuju Plampang adalah 68 km dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit melalui jalur Sumbawa – Empang.

( photoselfie )


Pantai Boro

Pantai Boro


Peta Lokasi ; Sumber Google Maps



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts