Kamis, 11 Juni 2015

Air Terjun Ai Nyember

Standard
air terjun Ai Nyember

Air Terjun Ai Nyember begitulah nama dari salah satu air terjun yang satu ini, dinamakan demikian karena di air terjun tersebut pengunjung biasanya melakukan kegiatan terjun dari tebing dengan ketinggian sekitar 5 m dan terjun ke “Tiu” atau kolam dibawah air terjun tersebut. Sedangkan ketinggian air terjun tersebut sekitar 15 m.

Air Terjun Ai Nyember sendiri merupakan air terjun musiman, dikatakan demikian karena Air Terjun Ai Nyember hanya ada pada musim penghujan dan pada saat musim kemarau debit air yang mengalir di air terjun tersebut berkurang bahkan tidak ada (kering).

Adapun lokasi Air Terjun Ai Nyember adalah didesa Selang (setelah desa Kerekeh ) Kecamatan Unter Iwis Sumbawa Besar. Jarak antara desa Selang dengan Kota Sumbawa Besar sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.
Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung akan melalui jalan tani dari desa selang dengan jalan batu dan tanah, tanjakan dan turunan selama 15 menit sampai ke daerah parkir motor, yang mana tempat parkirnya juga hanya ditanah kosong beberapa meter dari sungai Kerekeh. Nah, dari parkiran ke lokasi air terjunnya, pengunjung akan berjalan kaki sekitar 15 menit dengan dua rute pilihan, bisa melewati tracking gunung disebelah parkiran atau bisa juga melalui jalur tani dengan rute dua kali melewati sungai yang arusnya lumayan deras. Disepanjang perjalanan pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan persawahan penduduk setempat.

( photoselfie )


air terjun Ai Nyember


air terjun Ai Nyember

air terjun Ai Nyember ; siap terjun

air terjun Ai Nyember

peta lokasi ; sumber Google Maps

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts